tribunindonesia

Saiful Ilah–Hadi Sutjipto Tak Terpengaruh Gosip

In DAERAH on 7 April 2010 at 4:00 PM

oleh Nico Miftahurahman / Prima Sp Vardhana

GOSIP keakraban politis Cabup Sidoarjo H. Syaiful Ilah dengan Komisaris PT. Minarak Lapindo Jaya, Gesang Budianto menuju Pemilukada Sidoarjo 2010-2015, ternyata tidak seluruhnya benar. Hubungan Syaiful Ilah dan Gesang hanya sebatas teman.
Sedangkan pasangan yang digandeng Ketua Umum PKB Sidoarjo itu menuju Pemilukada, tetap sesuai komitmen awal. Syaiful Iluh tetap akan menggandeng Asisten I Sekdakab Bidang Pemerintahan dan Kesra Hadi Sutjipto.
Tetapnya komitmen itu ditunjukkan dengan sikap mesra Syaiful Ilah dan Hadi Sutjipto, usai prosesi pelantikan pejabat teras pemkab Sidoarjo Rabu (7/4/2010). Keakraban itu muncul saat Syaiful Ilah dikonfirmasi Tribun Indonesia tentang sikapnya yang bersalaman dengan Gesang di lokasi area pusat semburan titik 25 saat mendampingi kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), 29 Maret.
“Mana wartawan, ayo ambil gambar saya dengan pak Tjip. Biar nggak ada yang bingung,” kata Syaifl Ilah sambil memanggil MG Hadi Sutjipto yang saat itu tengah menuju ke mobilnya.
Mendengar namanya dipanggil Wakil Bpati Sidoarjo, Hadi Sutjipto pun dengan wajah semringah  menghampiri Saiful Ilah. Keduanya pun dengan mesranya saling bersalaman, bahkan usai salaman Syaiful Ilah terlihat berbisik pada Hadi Sutjipto yang ditanggapi dengan senyum.
Prosesi keakraban yang ditunjukan Syaiful Ilah bersalaman dengan Had Sutjipto itu, secara otomatis mematakan banyaknya rumor beredar dilapangan, bahwa Saiful Ilah seolah-olah memastikan diri menggandeng Sekretaris DPD Golkar Jatim, Gesang Budiarso untuk dijadikan wakilnya.
Sementara itu ketua PAC PKB Gedangan, M Kalim, menegaskan bahwa pasangan Saiful-Tjip  sudah tidak tergoyahkan lagi. Bahkan secara organisatoris PKB sudah memberikan kewenangan pada para Kyai PKB untuk memilihkan pasangan Saiful Ilah melalui shalat Istikhoro. Apalagi menurut Rais Syuriah PC NU Sidoarjo KH Rofiq Siroj, menunjuk pada cawabup (Calon Wakil Bupati) H. MG Hadi Sutjipto. Sampai tiga kali Istikhoroh yang dilakukan para ulama, ternyata hasilnya tetap. Sehingga para kyai sepakat menyimplkan, bahwa sosok Ketua Takmir Masjid Agung, Kab. Sidoarjo itu merupakan calon pasangan Syaiful Ilah pilihan Allah Swt.
”Sejak awal, secara pribadi para Kyai NU di Sidoarjo sudah yakin, bahwa Pak Tjip (panggilan populer Hadi Sutjipto, red.) sangat layak dan pas untuk mendampingi Pak Syaiful. Namun, kami tidak berani mengumumkan, karena kami takut pada Allah,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikmah dan Al Hidayah, Desa Kedungcangkring, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, tersebut.
Berpasangan dengan Hadi Sutjipto, menurut dia, Syaiful Ilah secara politis memiliki peluang besar untuk berkibar dalam Pemilukada Sidoarjo. Ini karena secara individu, manta Kadindik (Kepala Dinas Pendidikan) Kab. Sidoarjo itu memiliki pendukung fanatik yang siap mensukseskan, baik di lingkungan PNS Pemkab Sidoarjo, Para Guru tetap dan honorer, juga pendukung dari lingkungan lain. Selain itu, memiliki pengalaman di pemerintahan yang sangat banyak, sehingga arah kebijakan pasangan Bupati dan Wakil Bupati akan lebih terfokus dan sesuai dengan amanah yang diharapkan oleh masyarakat Sidoarjo.
Tak dipungkiri kyai yang akrab dengan wartawan itu, ia nekad membuka hasil istikhoroh para kyai tersebut lantaran ingin bersikap transparan pada masyaraka Sidoarjo. Ia ingin menunjukkan, bahwa para Kyai NU sudah melaksanakan janji untuk istikhoroh atas cawabup, yang layak mendampingi Syaiful Ilah untuk maju dalam Pemilukada Sidoarjo.
Hasil Istikhoro para Kyai PKB yang menunjuk Hadi Sutjipto sebagai Cawabup. Dikatakan M Kalim, merupakan lampu hijau yang tidak bisa diingkari siapa pun juga politisi PKB Sidoarjo dan Jatim. Pasalnya hasil Istikhoroh itu membuktikan, bahwa Allah sudah memilihkan H. Syaiful Ilah sebagai pasangannya.  

”Jika Pak Syaiful oleh Allah dipasangkan dengan Pk Tjip, saya yakin Pak Syaiful sebagai seorang muslin akan menerimanya dengan lapang dan besa hati. Pak Syaiful dan Pak Tjip pasti akan maju sebagai pasangan,” katanya dengan yakin. (ico/vd) 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: