tribunindonesia

Mencari Kesulitan Belajar

In RAGAM on 23 Oktober 2009 at 10:11 PM

KESULITAN belajar atau “Learning Disabilities, LD” adalah hambatan / gangguan belajar pada anak dan remaja yang ditandai oleh adanya kesenjangan yang signifikan antara taraf intelegensi dan kemampuan akademik yang seharusnyadicapai.

Hal ini disebabkan oleh gangguan di dalam sistem saraf pusat otak (gangguan neurobiologis) yang dapat menimbulkan gangguan perkembangan seperti gangguan perkembangan bicara, membaca, menulis, pemahaman, dan berhitung. Bila tidak ditangani dengan baik dan benar akan menimbulkan berbagaibentuk gangguan emosional (psikiatrik) yang akan berdampak buruk bagi perkembangan kualitas hidupnya di kemudian hari.
Kepekaan orangtua,guru di sekolah serta orang-orang di sekitarnya sangat membantu dalammendeteksinya, sehingga anak dapat memperoleh penanganan dari tenagaprofesional sedini dan seoptimal mungkin, sebelum menjadi terlambat.Kesulitan Belajar kadang-kadang tidak terdeteksi dan tidak dapat terlihatsecara langsung.  
Setiap individu yang memiliki kesulitan belajar sangatlahunik. Seperti misalnya, seorang anak “dyslexia”, yang sulit membaca,menulis dan mengeja, tetapi sangat pandai dalam matematika.Pada umumnya, individu dengan kesulitan belajar memiliki intelegensir ata-rata bahkan diatas rata-rata. 
Seseorang terlihat “normal” dan tampaksangat cerdas tetapi sebaliknya ia mengalami hambatan dan menunjukkantingkat kemampuan yang tidak semestinya dicapai dibandingkan denganyg seusia dengannya. Walau demikian, individu dengan kesulitan belajar bisa sukses di sekolah, di dunia kerja, dalam hubungan antar-individu,dan di dalam masyarakat bila disertai dengan dukungan dan perhatian yang tepat. 
Deteksi Dini Kesulitan Belajar Tanda-tanda Kesulitan Belajar sangat bervariasi dan tergantung pada usia anak.

Usia Pra-Sekolah:
Keterlambatan berbicara jika dibandingkan dengan anak seusianya
Adanya kesulitan dalam pengucapan kata
Kemampuan penguasaan jumlah kata yang minim
Seringkali tidak mampu menemukan kata yang sesuai untuk suatu kalimat
Kesulitan untuk mempelajari dan mengenali angka, huruf dan nama-nama hari
Mengalami kesulitan dalam menghubung-hubungkan kata dalam suatu kalimat
Kegelisahan yang sangat ekstrim dan mudah teralih perhatiannya
Kesulitan berinteraksi dengan anak seusianya
Menunjukkan kesulitan dalam mengikuti suatu petunjuk atau rutinitas tertentu
Menghindari pekerjaan tertentu seperti menggunting dan menggambar
   
Daya ingatnya (relatif) kurang baik
Sering melakukan kesalahan yang konsisten dalam mengeja dan membaca. Misalnya huruf d dibaca b, huruf w dibaca m. (buku dibaca duku)
Lambat untuk mempelajari hubungan antara huruf dengan bunyi pengucapannya
Bingung dengan operasionalisasi tanda-tanda dalam pelajaran matemetika, misalnya tidak dapat membedakan antara tanda ñ (minus) dengan +(plus) , tanda + (plus) dengan x (kali), dan lain-lain.
Sulit dalam mempelajari keterampilan baru, terutama yang membutuhkan kemampuan daya ingat
Sangat aktif dan tidak mampu menyelesaikan satu tugas atau kegiatan tertentu dengan tuntas
Impulsif (bertindak sebelum berpikir)
Sulit konsentrasi atau pehatiannya mudah teralih
Sering melakukan pelanggaran baik di sekolah atau di rumah
Tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya
Tidak mampu merencanakan kegiatan sehari-harinya
Problem emosional seperti mengasingkan diri, pemurung, mudah tersinggung atau acuh terhadap lingkungannya
Menolak bersekolah
Mengalami kesulitan dalam mengikuti petunjuk atau rutinitas tertentu
Ketidakstabilan dalam menggenggam pensil/pen
Kesulitan dalam mempelajari pengertian tentang hari dan waktu Pada Usia Remaja dan 
Dewasa:
Membuat kesalahan dalam mengeja berlanjut hingga dewasa
Sering menghindar dari tugas membaca dan menulis
Kesulitan dalam menyimpulkan suatu bacaan
Kesulitan menjawab suatu pertanyaan yang membutuhkan penjelasan lisan dan/atau tulisan
Kemampuan daya ingat lemah
Kesulitan dalam menyerap konsep yang abstrak
Bekerja lamban
Bisa kurang perhatian pada hal-hal yang rinci atau bisa juga terlalu fokus kepada hal-hal yang rinci
Bisa salah dalam membaca informasi

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: