tribunindonesia

Guru Mencari Penghasilan Online

In RAGAM on 23 Oktober 2009 at 8:48 PM
DAPATKAH guru berpenghasilan 10 juta dolar setahun? Sebuah pertanyaan yang aneh kan? Di masyarakat, paling tidak jaman dulu, guru cenderung dipandang sebagai bergaji pas-pasan dan karenanya suka ngobyek yang kadang tak ada hubungannya dengan pendidikan.
Tapi guru kreatif yang mampu mengolah kreatifitas dengan tepat dapat meraih penghasilan besar dengan bakat “keguruan”-nya. Adalah Steve Spangler, seorang guru sains, konon memiliki penghasilan lebih dari 10 juta US dolar setahun dari bisnisnya. Bisnis yang dikelola juga tak jauh dari profesinya, ia berjualan alat peraga sains secara online di http://www.stevespanglerscience.com/.
Ini satu contoh saja di mana sebenarnya internet menjadi lahan baru bagi pendidikan dan bisnis. Jika saja guru memiliki pengalaman dan kreatifitas tinggi maka sangat besar kemungkinan guru tersebut untuk dapat “menjual” kemampuan dan kreatifitasnya melalui internet dengan mudah tanpa harus meninggalkan aktifitas pendidikannya, justru keberhasilan dalam pengajarannya itulah yang menjadi daya jual.
Berikut ini beberapa ide bagaimana guru dapat memperoleh penghasilan tambahan dari dunia online:
1. Membuat konten bantu pembelajaran. Guru yang pandai membuat presentasi powerpoint atau membuat Flash dapat memanfaatkan presentasi yang dibuatnya untuk mengajar siswa untuk dijual ke guru-guru lain yang membutuhakan. Produk dapat dijual dengan misalnya memprotek file dengan password, orang membeli dengan mentransfer uang dan kemudian password dikirim via email atau SMS.

2. Membuat alat bantu/alat peraga pengajaran. Seperti contoh di atas dimana Steve Spangler mengembangkan kemampuan membuat alat peraga yang menarik yang laku dijual.

3. Guru juga dapat membuat buku berupa ebook yang, dapat berisi tentang materi pembelajaran atau teknik pengajaran atau lainnya yang dapat dijual di internet.

4. Guru yang yang berpengalaman dapat menawarkan jasa menjadi konsultan, atau jasa lain, misalnya jika guru tsb pandai membuat powerpoint maka dia dapat membuka jasa membuatkan powerpoint.

5. Guru dapat menulis pengalaman pengajarannya di blog, orang dapat membaca atau mendownload secara bebas. Blog yang ramai pengunjung dapat diberi iklan.

6. Menjadi guru les online. Di India kini mulai marak guru-guru India mengajar les siswa Amerika Serikat secara online melalui videoconference.
Peluang ini sangat dimungkinkan untuk dikerjakan dengan adanya kemudahan teknologi. Kini, siapapun dapat dengan mudah membuat publikasi online melalui blog. Guru yang punya produk bagus dapat dijual melalui blog-nya. Blog yang dinamis, up-to-date, dan berisi informasi menarik, akan banyak dikunjungi orang. Dan pengunjung yang banyak adalah potensi pasar yang dapat dikelola layaknya mengelola toko.
Ini beberapa contoh saja bagaimana internet dapat menjadi lahan penghasilan tambahan bagi guru. Perlu ditekankan disini bahwa penghasilan tambahan ini dapat diperoleh dengan tanpa meninggalkan profesinya sebagai guru, justru dengan berfikir layaknya entrepreneur, guru termotivasi dan tertantang untuk selalu mengembangkan kemampuan mengajar dengan lebih baik serta menggali lagi kreatifitasnya untuk nantinya membuahkan produk yang layak untuk dijual. (edukasiana/vd)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: