tribunindonesia

Bonus Berlimpa Menunggu Capelo dan Tim Inggris

In SEPAK BOLA on 11 September 2009 at 6:09 PM


BONUS besar sudah menanti pelatih Fabio Capello jika ia berhasil membawa Inggris juara dunia 2010. FA menyiapkan dua juta poundsterling atau lebih dari Rp 33 miliar untuk bonus sang pelatih. 

The Times mengungkapkan, saat ini Capello menjadi pelatih termahal di dunia dengan gaji pokok 4,8 juta pounds atau Rp 80 miliar per tahun. Dalam kesepakatannya dengan FA pada Desember 2007, pelatih asal Italia itu akan menerima bonus hampir separuh gaji tersebut jika “The Three Lions” mampu memenangi gelar juara dunia kedua kalinya. 

Jumlah itu bukan akumulasi bonus selama Inggris tampil di Afrika Selatan mulai dari fase grup sampai final. Kontrak tersebut menyebutkan bahwa Capello akan menerima sejumlah imbalan tambahan jika berhasil meloloskan Inggris dari babak kualifikasi. Namun, Capello menolak bonus untuk setiap jenjang turnamen baik itu babak fase gugur, perempat final, maupun semifinal. Bonus baru diberikan jika Inggris memang bisa mencapai babak puncak dan menang.

Selain bonus untuk pelatih, FA juga menyiapkan imbalan kepada pemain-pemain senior Inggris yang sudah membela tim tersebut sejak 2006. David Beckham, John Terry, dan pemain lain bisa mendapatkan tambahan 300.000 pounds asalkan mereka juara. 

Secara total FA akan menggelontorkan 10 juta pounds untuk bonus pemain dan pelatih. Jumlah ini masih sedikit jika dibandingkan pemasukan yang akan mereka dapatkan. Dari sponsor seperti Nationwide, National Express, Carlsberg, dan Umbro, otoritas sepak bola itu bisa mendapatkan pemasukan puluhan juta pounds. Carlsberg, misalnya, baru sepakat dengan kontrak empat tahun senilai 50 juta pounds dengan FA. 

Jika juara, Inggris sudah pasti menerima hadiah dari FIFA. Pada Piala Dunia 2006 lalu, Italia mendapat 16 juta pounds usai menjadi kampiun di Jerman. (nic/kmp)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: