tribunindonesia

Taufik Masih Pantas Perkuat Indonesia di SEA Games

In BULUTANGKIS on 8 September 2009 at 10:10 PM


KETUA PB Djarum Kudus FX Supandji berpendapat, Taufik Hidayat masih pantas masuk skuad bulu tangkis Indonesia untuk SEA Games XXV di Laos, 9-18 Desember. Tenaga mantan pemain Pelatnas Cipayung itu masih sangat dibutuhkan, terutama untuk menghadapi pesaing utama di Asia Tenggara, Malaysia.

“Saya kira Taufik masih bisa diandalkan untuk memimpin tim bulu tangkis Indonesia karena bagaimanapun juga penampilan Taufik lebih stabil dibandingkan pemain lainnya,” kata Supandji, Selasa (8/9).

Apalagi, tambahnya, tim bulu tangkis Malaysia bakal diperkuat pemain-pemain papan atas dunia Lee Chong Wei dan Wong Choong Han (tunggal putra), kemudian Thailand memiliki tunggal putra Boonsak Ponsana yang juga bisa menjadi ganjalan Indonesia untuk mengulang prestasi SEA Games 2007 Thailand.

“Saya tidak meremehkan pebulu tangkis lainnya, seperti Simon Santoso, Sonny Dwi Kuncoro, dan Tommy Sugiarto, tetapi saya melihat penampilan Taufik lebih konsisten dibandingkan mereka,” katanya.

Ketika ditanya sejak Januari 2009, pebulu tangkis asal Jawa Barat tersebut sudah tidak berada di pelatnas. Dia mengatakan tidak masalah karena ini untuk kepentingan yang lebih besar, yaitu negara.

“PB PBSI bisa memanggil Taufik untuk membela Indonesia pada pesta olahraga multievent antarnegara Asia Tenggara di Laos mendatang,” katanya.

Kalau untuk nomor ganda putra, kata dia, cukup dengan pebulu tangkis yang ada di pelatnas saja karena pasangan Ryan Sukmawan/Jonathan Suryatama dan Markis Kido/Hendra Setiawan masih bisa mengatasi pasangan Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon dan Choong Tan Fook/Lee Wan Wah.

Tentang target Indonesia untuk menyapu tujuh medali emas bulu tangkis SEA Games mendatang, dia mengaku optimistis. Menurutnya, peluang untuk tunggal putra ada di tangan Taufik, tunggal putri Maria Kristin, ganda putri bisa pasangan Gresya Polii/Nitya Krishinda atau Meliana Jauhari/Shendy Puspa Irawati, atau Gresya Polii/Lita Nurlita.

Kemudian ganda putra yang berpeluang adalah pasangan Kido/Hendra, sedangkan ganda campuran pasangan Nova Widianto/Lilyana Natsir.

Pada SEA Games 2007 Thailand, Indonesia menyapu tujuh medali emas yang disediakan, masing-masing lima nomor perorangan (tunggal putra-putri, ganda putra-putri, dan campuran) kemudian beregu putra dan beregu putri.

Untuk nomor perorangan, medali emas disumbangkan oleh Taufik, Maria Kristin, Kido/Hendra, Vita Marissa/Liliyana Natsir, dan Vita Marissa/Flandy Limpele. Sementara dua medali emas lainnya diperoleh dari nomor beregu putra dan putri.

Nama-nama tim pelatnas SEA Games 2009 adalah Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, Tommy Sugiarto, Markis Kido, Hendra Setiawan, Bona Septano, Mohammad Ahsan, Nova Widianto, dan Devin Lahardi (putra).

Kemudian Maria Kristin, Adriyanti Firdasari, Aprilia Yuswandari atau Linda Weni Fanetri, Greysia Polii, Nitya Krishinda, Shendy Puspa Irawati, Meiliana Jauhari, Liliyana Natsir, dan Lita Nurlita (putri). (bud/kpo)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: