tribunindonesia

Win akui Saiful Ilah Kandidat Pilbup Tersiap

In SIDOARJO on 22 Agustus 2009 at 5:49 AM


oleh Prima Sp Vardhana

PEMILIHAN Bupati (Pilbub) Sidoarjo baru akan berlangsung pertengahan tahun depan. Namun nama H. Syaiful Ilah diprediksi banyak pihak sebagai kandidat kuat, yang akan melenggang ke tahta Sidoarjo 1 menggantikan Win Hendrarso.

Prediksi akan peluang Wakil Bupati Sidoarjo itu berpeluang duduk di tahta Bupati itu, salah satunya berdasar hasil survei popularitas tokoh terhadap 1000 masyarakat Sidoarjo. Dalam survei selama tiga bulan terakhir yang dilakukan sebuah lembaga survei independen dari Surabaya itu, Pemimpin PKB Sidoarjo itu memperoleh 35,5 persen suara responden. Prosentase tersebut merupakan yang tertinggi dibanding kandidat lain.

Peringkat kedua ditempati Emy Susanti, istri Bupati Sidoarjo Win Hendrarso. Ketua Penggerak PKK Sidoarjo, Direktur Pusat Perlindungan Perempuan dan Anak Sidoarjo, yang juga dosen FISIP Unair ini membukukan 10,7 persen suara. Posisi ketiga ditempati Ketua DPW PKB Jatim, Imam Nahrawi dengan 3,2 persen suara.

Sedangkan nama Gesang Budiarso, Komisaris Utama PT. Minarak Lapindo Jaya memperoleh 1,8 persen suara. Munculnya nama caleg Partai Golkar untuk DPR RI dari Dapil I Jatim yang gagal ini tiba-tiba menyodok ke peringkat, layak disebut mengejutkan. Selain dia sangat jauh dari birokrasi, Gesang juga termasuk tokoh penting dibalik operasional perusahaan pengeboran minyak, yang membuat perekonomian Sidoarjo merosot ke titik nadir.

Kendati hasil sigi popularias yang keabsahannya banyak diragukan para tokoh terpilih atau pun kubu pendukung masing-masing, tapi hasil survei tersebut sempat menjadi bahan guyonan gayeng antara kubu Saiful Ilah dan Emi Susanti dalam acara ramah tamah bupati dengan para anggota dewan yang baru dilantik di Pendapa Delta Wibawa, Jumat (21/8). 

Suksesi tahta Sidoarjo 1 itu diletupkan oleh Bupati Win Hendrarso saat memberikan pidato sambutan pelantikan para Anggota Dewan. Orang nomor satu di Sidoajo itu, mengatakan, tampuk kepemimpinan Sidoarjo mendatang sudah dapat dipastikan akan jatuh ke tangan Saiful. 

”Saya pribadi punya keyakinan demikian, karena survei kepopuleran Pak Saiful saat ini saja sudah mencapai 60 persen,” kata Win dengan nada serius.

Hasil sigi popularitas yang dilakukan sebuah lembaga survei di Surabaya itu. Menurut ia, sepintas lalu sangat meragukan lantaran responden yang disurvei tak tercantum datanya secara valid. Wilayah sebaran foam survei, misalnya. Atau pun pertanyaan yang tercantum foam tersebut. Juga waktu penyelenggaraan suvei itu dilakukan.

Data Pengukur

Sebagai hasil karya yang diakui sebuah lembaga dengan saat pemunculan data yang terkesan ujug-ujug. Win Hendrarso berharap, semua pihak yang merasa terlibat dalam bursa pilbup 2010 perlu untuk menghargai. Paling tidak sebagai data pengukur atas kekurangan diri, sehingga dapat melakukan perbaikan dan penyempurnaan untuk keberhasilan dalam pilbup mendatang.

Sedangkan Saiful Ilah yang secara tersirat mendapat lampu hijau dari Win dalam proses suksesi di tahun 2010, ternyata menanggapi survei itu sebagai sebuah kelakar yang kurang sempurna. Hasil sigi popularitas itu dinilainya kurang akurat.

”Hasil survei yang disebutkan Pak Win dan yang diumumkan kok beda. Pak Win menyebut 60 prosen, tapi yang diumumkan 35,5 prosen. Perbedaan ini jangan-jangan akibat surveinya sambil ngantuk,” katanya dengan tertawa ngakak.

Sikap kurang serius yang ditunjukkan Ketua Pengusaha dan Pemilik Tambak se-Sidoarjo ini, ternyata sejurus kemudian berubah sebaliknya. Ia terlihat serius menanggapi. Salah satunya adalah pengakuan Syaiful, bahwa ia sudah menemui para kyai sepuh NU di Sidoarjo dan Jawa timur. Kalender sowannya itu untuk meminta restu maju dala bursa calon Bupati Sidoarjo pada tahu 2010. 

Program lain yang akan dibawahnya dalam pencalonannya merebut Sidoarjo 1 adalah obsesinya mewujudkan pembangunan Kawasan Sidoarjo Baru. Titik tolak pembangunan itu adalah real estat KNV (Kahuripan Nirwana Village), yang diatas kertas salah satu anak perusahaan PT. Minarak Lapindo Jaya dengan Komisaris Utama Gesang Budianto.

Program yang mengaitkannya dengan PT. Minarak itu sebagai simbolik, pencalonannya nanti akan menggandeng Gesang sebagai wakilnya? Syaful mengaku, sosok calon yang digandengnya sampai saat ini belum ditentukan. Ia masih dalam kondisi jomblo. ”Siapa calon yang akan mendampingi saya, belu ada. Saya menunggu hasil istikhoroh,” katanya. (vd/pvardhana88@gmail.com)

Peringkat Hasil Survei Atas 1000 Responden

01. H. Syaful Illah (Wakil Bupati Sidoarjo) – 35% (350 suara)
02. Hj. Emy Susanti (istri Win Hendrarso) – 10,7% (107 suara)
03. H. Imam Nahrawi (Ketua DPW PKB Jatim)- 3,2 % ( 32 suara)
04. Gesang Budiarso (Komisaris Utama PT. Minarak Lapindo Jaya) – 1,8% ( 18 suara)
05. H. Sarto (Ketua Partai Demokrat Sidoarjo) – 1,5% (15 suara)
06. H. Win Hendrarso (Bupati Sidoajo 2 periode) – 1% (10 suara)
07. H. Arly Fauzi (mantan Ketua DPRD Sidoarjo) – 0,6% (6 suara)
08. H. Syafiq Mughni (mantan Rektor UMU Sidoarjo) – 0,5% (5 suara)
09. Bambang Prasetyo Widodo (Dirut PT. Media Delta Espe) – 0,5% (5 suara)
10. Vino Rudy Muntiawan (Sekdakab Sidoarjo) – 0,3% (3 suara)
11. Swing Voter (responden belum menetapkan pilihan) – 43,8% (438 suara) 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: