tribunindonesia

Tiga Nama Calon Mendiknas Dikeluarkan!

In NASIONAL on 14 Agustus 2009 at 4:12 AM


oleh Najibulah Fawais

FEDERASI Guru Independen Indonesia (FGII) mengusulkan tiga nama Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) 2009-2014 yang dinilai pantas diusulkan kepada Presiden RI.

“Ini merupakan hasil diskusi internal kami dengan sejumlah komunitas pendidikan, kami tidak hanya mengajukan kriteria calon yang pantas menduduki posisi Mendiknas, tetapi menyebutkan namanya sekaligus,” ujar Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat FGII Suparman di Jakarta, Kamis (13/8).

FGII mengusulkan, calon yang merupakan prioritas adalah Prof Dr H Said Hamid Hasan. Said adalah pakar manajemen pendidikan dan kurikulum, serta guru besar dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat.

Calon kedua yang diusulkan adalah Prof Dr H Soedijarto, seorang pakar kurikulum, filsafat, dan manajemen pendidikan dan Guru Besar dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Soedardjito berpengalaman sebagai anggota Badan Pekerja MPR RI 1999-2004 dan menginisiasi anggaran pendidikan 20 persen.

Sementara itu, calon ketiga FGII adalah Prof Dr Fasli Jalal. Meskipun seorang dokter gizi, pengalaman Fasli cukup luas dalam bidang pendidikan. Saat ini, Fasli menjabat sebagai Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Depdiknas dan mantan Dirjen Pendidikan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Depdiknas.

Ketiga calon tersebut, tambah Sekjen FGII Iwan Hermawan, memiliki kriteria yang diinginkan oleh FGII, yakni nonpartisan alias profesional, akomodatif terhadap aspirasi masyarakat, visioner, serta memiliki komitmen kebangsaan dan komitmen memperbaiki pendidikan yang kuat. (jib/kmp)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: