tribunindonesia

Tak Lunasi BPIH,175 Calhaj Pamekasan Dipastikan Gagal Berangkat

In INFO HAJI on 14 Agustus 2009 at 8:44 AM


oleh Nabila Miftahurachman

SEBANYAK 175 calon haji (calhaj) asal Pamekasan, Madura dipastikan gagal menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah pada musim haji tahun ini.

“Sebab mereka ini tidak melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) hingga batas akhir pelunasan 12 Agustus 2009,” kata Kasi Haji dan Umroh Kantor Departemen Agama (Kandepag) Pamekasan, Lutfi Gazali, Kamis.

Menurut dia, dari total 1.200 calhaj yang mendaftar ke Kantor Departemen Agama Kabupaten Pamekasan, hanya sebanyak 1.025 calhaj yang melunasi BPIH.

“Ini berarti calhaj yang akan berangkat menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun ini hanya 1.025 orang,” terang Lutfi Gazali.

Ia menambahkan, calhaj yang gagal berangkat karena belum melunasi BPIH tersebut nantinya akan dimasukkan sebagai daftar tunggu dan akan berangkat pada 2014.

“Sebab calhaj yang mendaftar ke Kantor Depag Pamekasan hingga 2013. Artinya kuota haji
untuk wilayah Kabupaten Pamekasan saat sudah ful hingga 2013,” terang Lutfi Gazali.

Jumlah calhaj Pamekasan yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini lebih sedikit dibanding calhaj pada 2008. Menurut Lutfi Gazali, jumlah calhaj pada 2008 mencapai 1.645 orang.

Ia menambahkan, ada beberapa kemungkinan yang membuat 175 calhaj tersebut tidak bisa melunasi BPIH. Antara lain karena naiknya biaya haji menyusul kenaikan kurs dolar Amerika dari sebelumnya Rp33 juta menjadi Rp38 juta.

“Kami berharap calhaj yang gagal berangkat kali ini hendaknya bisa sabar, karena mungkin belum waktunya memanuhi panggilan Allah,” pungkasnya. (nab/ant)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: