tribunindonesia

Depag Madiun Belum Masukkan Berkas Paspor Calhaj

In INFO HAJI on 8 Agustus 2009 at 8:58 AM

oleh Misbaul Khoiri

KANTOR Departemen Agama (Depag) Kota Madiun, hingga kini belum memasukkan berkas paspor calon haji (calhaj) asal Kota Madiun pada musim haji tahun ini ke kantor imigrasi yang ditunjuk.

Berdasarkan data dari Depag setempat, jumlah calhaj yang diperkirakan akan berangkat ke tanah suci pada tahun ini mencapai 202 orang. Jumlah ini berkurang dari jumlah semula sebanyak 208 calhaj karena enam calhaj di antaranya tidak masuk dalam kuota.

“Kami memang belum memasukannya ke Kantor Imigrasi Madiun karena masih menunggu semua berkas calon haji masuk. Kami akan memasukkan berkas pengurusan paspor tersebut pada tanggal 13 Agustus mendatang sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Kantor Imigrasi,” kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Depag Kota Madiun, Munawir, Sabtu.

Menurut dia, selain sesuai jadwal yang ditentukan oleh pihak imigrasi, pemasukan berkas secara bersamaan tersebut juga lebih memudahkan proses kolektif pengurusan paspor yang akan dilakukan.

Sejauh ini, jumlah berkas pengurusan paspor yang telah masuk ke Kantor Depag setempat mencapai 192 buah.

“Jumlah 192 tersebut selain menunjukkan calon haji yang telah memasukkan berkas pengurusan paspor ke Depag Kota Madiun, juga menunjukkan jumlah calon haji yang telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) di sejumlah bank yang telah ditunjuk,” katanya.

Pasalnya, setelah melakukan pelunasan, calhaj diwajibkan segera memasukkan berkas pengurusan paspor, kemudian diserahkan ke Kantor Imigrasi Madiun pada tanggal 13 Agustus mendatang. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan jadwal pengambilan foto paspor pada Jumat-Sabtu (13-14 Agustus) mendatang.

Menyinggung jumlah calon haji yang belum melunasi BPIH, ia menyebutkan, hingga kini berjumlah 10 orang.

Meski belum mengurus paspor sama sekali, 11 dari 202 calon haji yang direncanakan berangkat tahun ini telah memiliki paspor hijau (internasional) yang masih berlaku.

“Kantor Depag Kota Madiun hanya mengurus paspor hijau bagi 191 calon haji saja. Namun, 11 paspor tetap akan dibawa ke Kantor Imigrasi setempat guna pemeriksaan dan pendataan,” katanya.

Ia berharap, 10 calhaj Kota Madiun yang belum melunasi BPIH diminta segera melunasinya. Pasalnya, tenggat waktu pelunasan tinggal tiga hari efektif lagi, yakni hingga 12 Agustus.

Jika calhaj melunasi BPIH lebih dari jadwal tersebut, lanjut Munawir, calhaj bersangkutan dianggap batal berangkat tahun ini dan masuk pada kuota tahun berikutnya. (kho/ant)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: