tribunindonesia

326 Calhaj Kabupaten Madiun Lunasi BPIH

In INFO HAJI on 7 Agustus 2009 at 5:03 PM


oleh Misbaul Khoiri

SEBANYAK 326 dari 331 calon haji (calhaj) Tahun 2009 asal Kabupaten Madiun, Jatim, telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH).

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Departemen Agama (Depag) Kabupaten Madiun, Sulhan Hamid, Jumat, mengatakan, para calhaj yang belum melunasi diimbau segera melunasi mengingat batas waktu yang ditentukan sudah semakin mendesak.

“Batas terakhir pelunasan BPIH adalah 12 Agustus mendatang. Hingga hari ini, masih menyisakan lima calhaj lagi yang belum melunasi BPIH di sejumlah bank yang telah ditunjuk oleh depag,” ujarnya.

Menurut dia, selain menunggu yang bersangkutan datang sendiri ke bank dan kantor depag untuk pengurusan, Depag Kabupaten Madiun juga melakukan usaha pendekatan kepada masing-masing calhaj yang belum melunasi.

“Kami bekerja sama dengan petugas depag yang ada di tingkat kecamatan untuk menghubungi calhaj bersangkutan. Kira-kira kendala apa yang mereka hadapi hingga saat ini belum melunasi. Kalau perlu kami akan jemput bola dengan mendatangi rumah calhaj, namun untuk saat ini masih dilakukan pendekatan lewat telepon,” katanya.

Sulhan menjelaskan, kendala terbesar yang mungkin dihadapi oleh calhaj adalah jarak kantor depag dengan rumah yang cukup jauh. Lima calhaj yang belum melunasi BPIH tersebut, hampir semuanya berasal dari daerah terpencil dan pegunungan di Kabupaten Madiun, seperti Kecamatan Gemarang.

“Diharapkan dengan waktu yang kurang dari sepekan yang tersisa ini, para calhaj yang belum melunasi BPIH dapat segera melunasi. Karena, jika para calhaj tidak segera melunasi BPIH sesuai jadwal yang ditetentukan, calhaj bersangkutan dianggap batal berangkat tahun ini dan masuk pada kuota tahun berikutnya,” katanya.

Disamping itu, lanjut Sulhan, setelah pelunasan pembayaran BPIH, masing-masing calhaj juga masih diharuskan untuk mengurus paspor di kantor imigrasi yang telah ditunjuk. Dari 326 Calhaj Kabupaten Madiun yang telah melunasi BPIH, sebanyak 260 calhaj di antaranya telah mengurus paspor ke Kantor Imigrasi Madiun.

Terkait pengurusan paspor, Depag Kabupaten Madiun mengaku telah memberikan batasan maksimal pemasukan berkas paspor paling lambat hingga tanggal 18 Agustus mendatang. Karena, pengurusan paspor tersebut akan difasilitasi oleh depag dengan menyiapkan formulir.

“Pengurusan paspor secara kolektif, kami imbau maksimal tanggal 18 Agustus. Kami masih menunggu hingga hari Selasa 18 Agustus pukul 10.00 WIB, lebih dari itu sudah lepas tanggung jawab kami. Terkait hal ini, pihak Depag Kabupaten Madiun telah mengirimkan surat imbauan kepada masing-masing calhaj,” kata Sulhan menegaskan.

Meski demikian, pihaknya optimistis jika calhaj akan segera melunasi BPIH dan memasukkan berkas pengurusan paspor sebelum tenggat waktu terakhir yang ditetapkan.
Ia menjelaskan, batasan maksimal pemasukan berkas pengurusan paspor ke kantor depag ini dilakukan, mengingat seluruh Calhaj Kabupaten Madiun masuk dalam gelombang pemberangkatan pertama. Diperkirakan pada tanggal 27 atau 28 Oktober mendatang akan berangkat.

“Melihat jadwal yang semakin mendesak, kami juga mulai melakukan penataan pemasukan berkas pengurusan paspor calhaj. Pasalnya, awal September depag sudah harus mengirimkan paspor-paspor tersebut ke Kedubae Arab Saudi untuk mendapatkan visa, dan Oktober mendatang mulai pemberangkatan ke Tanah Suci,” katanya.

Sulhan menambahkan, awalnya calhaj yang terdaftar di Kabupaten Madiun berjumlah 336 orang. Namun, di tengah kepengurusan persyaratan terdapat satu calhaj meninggal dunia dan empat calhaj lainnya membatalkan diri. Sehingga tersisa sebanyak 331 calhaj tahun ini.

“Angka ini lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah warga yang menunaikan ibadah haji pada tahun 2008 lalu, yakni sebanyak 275 orang,” katanya. (kho/ant)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: