tribunindonesia

Calhaj Surabaya Ambil Paspor Hijau di Kandepag

In INFO HAJI on 3 Agustus 2009 at 11:28 AM


oleh Nabila Miftahurrachman

CALON haji (calhaj) dari Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, dan Jombang yang masuk wilayah layanan Kantor Imigrasi Klas I-A Surabaya di Waru, Sidoarjo dapat mengambil paspor hijau di Kantor Departemen Agama (Kandepag) di daerah masing-masing.

“Kalau calhaj lain mengurus langsung di Kantor Imigrasi setempat, khusus calhaj dari wilayah Imigrasi Waru dapat langsung ke Kandepag masing-masing,” kata Kepala Bidang Haji, Umrah, Zakat, dan Wakaf Kanwil Depag Jatim H. Najiyullah, M.Si. kepada ANTARA di Surabaya, Senin.

Untuk calhaj daerah lain, katanya, tetap mengurus di Kantor Imigrasi masing-masing, yakni Perak, Jember, Malang, Kediri, dan Madiun.

“Kantor Imigrasi Perak melayani calhaj dari Madura, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, dan sebagian Surabaya, sedangkan Kantor Imigrasi Jember, Malang, Kediri, dan Madiun melayani calhaj dari keresidenan setempat,” katanya.

Menurut dia, Kantor Imigrasi Waru melayani calhaj di Kantor Depag masing-masing, karena Kantor Imigrasi Waru memiliki peralatan yang memadai sehingga mereka “jemput bola”. Namun, Kantor Imigrasi lainnya memiliki sarana terbatas, termasuk Kantor Imigrasi Perak.

“Karena itu, Calhaj Surabaya juga ada yang harus ke Kantor Imigrasi bila mereka masuk wilayah layanan Kantor Imigrasi Perak,” katanya.

Ia menegaskan bahwa calhaj tak perlu membayar biaya paspor hijau sebesar Rp270 ribu karena ditanggung pemerintah, kecuali biaya transportasi dari rumah ke Kantor Imigrasi untuk foto dan sidik jari.

“Pemerintah membantu calhaj untuk pengisian formulir paspor di Kantor Depag masing-masing sehingga calhaj hanya tinggal ke Kantor Imigrasi untuk foto dan sidik jari saja, bukan ke Kantor Imigrasi berkali-kali,” katanya.

Mengenai persyaratan untuk pengurus paspor hijau, ia mengatakan persyaratannya tidak memberatkan, yakni KTP, KK, akta kelahiran, akta nikah, dan ijazah terakhir.

“Bila tidak memiliki semuanya, cukup dengan KTP dan KK, sedangkan persyaratan lainnya cukup diganti dengan surat keterangan dari Kandepag setempat,” katanya.

Ia mengatakan calhaj juga tak perlu tergesa-gesa ke Kantor Imigrasi karena jadwal foto dan sidik jari ke Kantor Imigrasi dapat ditanyakan ke Kandepag setempat.

“Yang jelas, kami sudah ada komitmen dengan Depkumham untuk membantu calhaj. Jangan sampai ada calhaj yang batal berangkat hanya gara-gara paspor. Kantor Wilayah Depkumham Jatim sudah menyiapkan 34.250 paspor hijau,” katanya. (nab/ant)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: