tribunindonesia

Suramadu Disiapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus

In NASIONAL on 7 Juli 2009 at 1:10 AM

Jawa Tengah mengusulkan empat kawasan, yakni Kedungsemar, Kabupaten Jepara, kawasan Banglor, dan Kabupaten Sragen. Dari Papua diusulkan Kapet Biak. Adapun Papua Barat adalah kawasan Sorong.

SURAMADU 01Area di sekitar Jembatan Suramadu, Jawa Timur, dipersiapkan untuk menjadi sebuah kawasan ekonomi khusus. Itu diharapkan bisa mendorong pengembangan perekonomian di kawasan tersebut menjadi semakin cepat.

”Kawasan ini layak dikembangkan ke arah KEK (Kawasan Ekonomi Khusus). Oleh karena itu, Badan Pengembangan Wilayah Suramadu ditugaskan untuk menyusun rencana induknya,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Menko Perekonomian Bambang Susantono di Jakarta, Jumat (3/7).

Saat ini sudah ada 23 provinsi yang mengusulkan 42 kawasan sebagai KEK di seluruh Indonesia. Namun, pemerintah menunggu pengesahan Rancangan Undang-Undang KEK yang sedang dibahas di DPR sehingga belum ada satu daerah pun yang ditetapkan sebagai KEK.

KEK dianggap menarik karena bisa menjadi kawasan unggulan dalam menarik minat investasi. Hal itu dimungkinkan karena dalam sebuah KEK ada berbagai batasan yang tidak diberlakukan, antara lain aturan pajak dan kepabeanan yang lebih ringan, daftar negatif investasi yang tidak secara ketat diberlakukan, serta berlakunya semua insentif pajak penghasilan yang diberikan kepada penanaman modal tertentu di daerah tertentu.

Satu-satunya kawasan yang diusulkan sebagai KEK dari Jawa Timur adalah Kawasan Industri Perkapalan Lamongan. Dengan demikian, kawasan Suramadu belum dimasukkan sebagai salah satu usulan menjadi KEK.

Wilayah yang diusulkan antara lain dari Sumatera Utara, yakni Medan-Deli Serdang, Kawasan Industri Kuala Tanjung, Labuhan Angin, dan Asahan-Tanjung Balai. Provinsi Riau mengusulkan Dumai dan Kawasan Wisata Pulau Rupat. Di Bangka Belitung ada Tanjung Berikat dan Kawasan Industri Air Kelik.

Bengkulu mengusulkan Pulau Enggano. Sumatera Selatan ada Tanjung Api-api. Dari Banten ada kawasan Bojonegara. DKI Jakarta mengusulkan Kawasan Industri Marunda, Cikarang dari Jawa Barat, dan kawasan Kulon Progo di Daerah Istimewa Yogyakarta. (vd/kom)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: