tribunindonesia

Malang Berhak Pilih Maskot, Haram Ganti Logo

In OLAHRAGA on 3 Juli 2009 at 4:28 PM

oleh Prima Sp Vardhana

KEBEBASAN memilih maskot Porprov II diberikan KONI Jatim pada Pemkot Malang sebagai tuan rumah. Ini karena maskot even biasanya dikaitkan dengan kepentingan promo wisata yang ditargetkan setiap tuan rumah. Kendati demikian, KONI Jatim menegaskan jika logo Porprov II tak bisa diganti.

“Logo Porprov II merupakan hak KONI Jatim sebagai panpel Porprov. Karena itu, saya minta Pemkot Malang tidak mengubahnya, sehingga dalam setiap penyelenggaraan Porprov ada perbedaan yang menonjol antara logo dan maskotnya,” kata Ketua Harian KONI Jatim, Soekarno Masaid di ruang kerjanya, Jumat (3/7).

Dengan keputusan yang digariskan KONI Jatim itu, maka logo Porprov II masih seperti penyelenggaraan yang pertama di Surabaya. Candi Pentar diambil sebagai logo utama. “Maskot masih bisa diganti sesuai dengan daerah penyelenggara,” ujarnya menambahkan.

Sedangkan untuk Porprov II nanti, Kota Malang bakal memilih maskot dengan nama Si Mave. Si Mave adalah seekor singa yang memegang obor. Si Mave sendiri merupakan singkatan dari Malang Nominor Sursum Moveor, yang artinya, Malang Namaku Maju Tujuanku.

Menurut sejarahnya, si Mave yang awal ditemukannya di Malang sejak zaman kerajaan Kanjuruhan, sekitar tahun 900 Masehi. Ditemukan simbol-simbol kendaraan raja berupa binatang ikal, panjang, dan terurai yang identik dengan seekor singa. Gambaran itu divisualisasikan dalam relief Candi Badut.

Begitu juga simbol Malang pada masa kolonial tahun 1920-an. Malang Nominor Sursum Moveor juga digambarkan dengan dua singa yang saling berhadapan. Dalam Si Mave ada empat warna.

Merah berarti sikap yang berani menghadapi tantangan seberat apa pun. Biru melambangkan semangat optimistis yang berkobar-kobar menyongsong masa depan. Hijau bermakna sehat, segar, menumbuhkan energi yang sangat dahsyat. Sedangkan kuning adalah jiwa semangat sportivitas dan jujur menghargai sesama.

                                                                                                               Lebih Spektakuler

Sedangkan PB (Panitia Besar) Porprov II Malang Raya bergerak cepat. Mereka akan mendesain pesta olahraga terbesar di Jatim itu bakal meriah dan lebih menawan. Menurut  Soekarno Marsaid yang juga menjabat Ketua Umum PB Porprov II, saat ini panpel tengah melakukan tahapan penyempurnaan penyelenggaraan, sehingga even dua tahunan ini terselenggara dengan elegan dan sarat atmosfer sportivitas.

“Porprov adalah bagian dari pembinaan atlet di Jatim, karena itu panpel dan tuan rumah harus satu pandangan agar pencapaian pembinaan dan pengkaderan atlet berlangsung sukses,” katanya.

Dalam rapat yang dilakukan di Kantor KONI Jatim itu, PB membahas tentang berbagai bidang yang dinilai sangat penting seperti, bidang pertandingan, akomodasi, transportasi, administrasi. Termasuk upacara pembukaan dan penutupan.

Walikota Malang, Peni Suparto, mengharap Porprov Malang lebih spektakuler dibanding Porprov pertama lalu. Saat ini, pelaksanaannya hanya tinggal hitungan bulan saja.

“Kali ini kami lebih pasti dalam menjalankan semua perencanaan dan program,” katanya.

Nantinya, Panpel akan membuka pendaftaran peserta yang by number terakhirnya pada 5 Juli, yang lantas dikeluarkan entry form by number. Dari seleksi awal itu, Panpel melalui tim keabsahan kemudian menyeleksi data yang masuk untuk dikeluarkan by name.

Untuk seleksi di tim keabsahan persyaratannya antara lain KTP, KSK atau identitas lainnya seperti ijazah atau rapor sekolah. Kemudian ada status atlet, apakah puslatda atau bukan.

Ada lima tahapan untuk bisa mengikuti Porprov, yakni pendaftaran peserta, pembayaran (50 persen sesuai kesepakatan), akomodasi, konsumsi dan transportasi, yang keempat ID-card dan lain-lain. (pvardhana88@gmail.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: