tribunindonesia

Gerhana Matahari Total pada 22 Juli 2009

In NASIONAL on 3 Juli 2009 at 10:02 PM

BALAI Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan menyatakan pada Rabu,  22 Juli 2009 akan terjadi gerhana matahari total.

gerhana-matahari-total 01Gerhana matahari total itu secara maksimal akan terlihat di Kota Shanghai, China selama enam menit. Peredaran gerhana matahari dari barat hingga timur wilayah China kemudian akan menghilang di Samudera Pasifik, selama lima jam.

Analisis Cuaca BBMKG Wilayah I Kota Medan Agus Safril seperti tertulis dalam kesimpulan posko cuaca, iklim, dan gempa bumi BBMKG Wilayah I Medan, di Indonesia gerhana matahari tidak bisa dinimati secara penuh. Indonesia hanya akan bisa menikmati gerhana sebagian di wilayah Indonesia bagian utara. Namun BBMKG belum menyatakan pukul berapa gerhana akan terjadi. 

                                                                                                                  Dilihat Langsung 

Mata manusia memiliki retina tempat ”menerima” cahaya yang masuk dan diolah oleh otak sebagai ”gambar” yang dilihat. Matahari adalah sumber cahaya yang ”kuat” yang jika kita melihatnya, maka sinar matahari –seperti halnya cahaya lain yang masuk ke mata—akan menuju retina. Jika retina terkena cahaya kuat yang terus menerus dan juga panas, maka retina akan ”hangus” dan rusak, akibatnya adalah pengelihatan kamu terganggu bahkan bisa menjadi buta. Sayangnya mata tidak memiliki ”alarm” rasa sakit pada saat retina kamu ”terbakar”, sehingga yang bisa kamu lakukan adalah berhati-hati terhadap benda-benda yang kamu lihat.

20020610-PartialSolarEclipse3Saat gerhana matahari, orang-orang akan ”tergoda” untuk memandang langsung matahari, sesuatu yang pada saat normal pun memang dapat ”membahayakan” mata kamu. Saat gerhana matahari terjadi, tidak sepenuhnya matahari tertutup oleh bulan, bahkan hingga saat terakhir sebelum gerhana matahari total terjadi, masih ada sedikit matahari yang ”mengintip” berupa sabit, itu sudah cukup membuat rusak retina mata kamu.

Namun pada saat gerhana matahari total terjadi, kamu bisa memandang matahari yang sedang ”gelap” itu dengan segala keindahannya yang langka, INGAT, kamu hanya oleh memandang pada saat bulan menutupi matahari secara total (bukan sebagian).

Tidak ada yang perlu dikhuatirkan tentang bahaya radiasi saat gerhana matahari. Pada saat normal maupun terjadi gerhana matahari, matahari tetap memancarkan energi dan radiasi seperti biasanya. Jadi kamu masih tetap boleh bermain-main atau berada di luar rumah pada saat gerhana matahari terjadi.

Ada beberapa cara aman yang dianjurkan oleh para ahli untuk bisa menikmati gerhana matahari diantaranya :

  6228feb904e64cd0ce574be4f819ffdeMembuat lubang titik di sehelai karton, lalu letakkan menghadap matahari, sehingga ”bayangan” akan muncul di belakang layar penerima, matahari akan nampak di sana, walau tidak tajam, namun bisa menunjukkan saat-saat terjadi gerhana

 

#   eclipse_20051003_shadowAmati bayangan pohon-pohon di tanah pada saat gerhana, kamu akan menemukan bayangan yang menakjubkan

#   Sekali lagi JANGAN memandang matahari secara langsung (kecuali pada saat gerhana matahari total terjadi), jangan pula menggunakan film bekas, keping CD, sebagai filter, alat-alat itu tidak menjamin mata kamu ”aman”, kecuali kamu menggunakan filter yang memang dijamin keamanannya yang biasanya dijual di toko-toko teleskop.

africakidsNah, kamu sekarang paham kan, mengapa pada saat gerhana matahari dilarang memandang matahari langsung? Memandang langsung diperbolehkan saat GERHANA TOTAL terjadi. Memang tidak semua orang tahu persis kapan saat bulan secara utuh menutupi matahari, sehingga paling aman TIDAK MEMANDANG MATAHARI secara langsung.

future_eclipsesMenurut Badan Meteorologi dan Geofisika dan beberapa ahli tata surya, Indonesia akan kembali dilewati oleh gerhana matahari total pada tanggal 9 Maret 2016, masih lama ya?, berikut kamu bisa melihat peta gerhana matahari di masa depan. (vd/ berbagai sumber /pvardhana88@gmail.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: