tribunindonesia

Pengurus IPSI Surabaya ‘Dilantik’ Ketua Lama

In OLAHRAGA on 26 Juni 2009 at 11:39 PM

oleh Prima Sp Vardhana

SOSOK H. Herman Rivai mungkin sudah identik dengan dunia pencak silat, khususnya dalam kepengurusan Pengkot IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Surabaya. Bagaimana tidak. Kendati posisinya sebagai Ketua Umum yang dipegangnya selama dua tahun sudah digantikan H.Riskie Dharma Putra, ternyata Herman ditakdirkan selalu dekat dengan IPSI Surabaya.

Keunikan itulah yang berlangsung dalam proses pelantikan pengurus IPSI Surabaya periode 2009-2013. Dalam pelantikan yang digelar dengan gaya pelantikan ”anggota Dewan” itu, ternyata Herman sebagai Ketua IV IPSI Jatim yang ketiban sampur mewakili Ketua Umum H. Soekarwo yang disibukkan oleh statusnya sebagai Gubernur Jatim.

KETUA UMUM IPSI SBY, H RIZKY DHARMA PUTERA MENERIMA PATAKAATak pelak lagi, sebelum pelantikan muncul joke-joke menggelitik yang dilemparkan sendiri oleh Herman Rivai. ”Saya ini mungkin ditakdirkan satu nasib dengan IPSI Surabaya, sehingga Pak Karwo pun memilih saya mewakili beliau untuk melantik timnya Mas Riskie,” kelakarnya saat menyaksikan latihan upacara pelantikan.

Karena itu, Herman berharap proses pelantikan Ketua Baru oleh Ketua Lama ini tidak hanya tercatat sebagai bagian keunikan dalam sejarah kepengurusan IPSI Surabaya. Sebaliknya menjadi awal dari datangnya kesuksesan pengurus dalam merendah prestasi di tingkat Jatim, nasional, maupun internasional.

”Melihat keunikan peristiwa yang terjadi ini, saya yakin kepemimpinan Mas Riskie kian memoncerkan IPSI Surabaya melebihi saat saya pimpin,” ujarnya dengan tersenyum.

Sedangkan Rezkie Dharma Putera seusai pelantikan, menegaskan, bahwa program pembinaan dan prestasi yang diusung pengurus baru adalah melanjutkan program-program pengurus lama. Pasalnya dalam program-program pengurus lama ada beberapa program, khususnya di sektor pembinaan yang sangat menjanjikan dalam melahirkan atlet berpotensi prestasi nasional.

“Tugas saya adalah meneruskan kepemimpinan H. Herman Rivai yang sudah baik di IPSI Surabaya ini,” kata Riskie dengan suara baritonnya.

Persoalan yang dihadapi IPSI Surabaya, menurut ia, sangatlah variatif. Namun yang akan diutamakan adalah memperbanyak pesilat putri serta minimnya atlet putra dengan postur tinggi besar terutama di nomor tanding. Persoalan kedua, dia juga akan memompa semangat perguruan untuk merangkul pesilat berpostur besar, termasuk pesilat putri. Riskie mengibaratkan, atlet silat yang ada di daerah lain dengan Surabaya ibarat sama dengan sapi dan kambing. Daerah lain begitu gampang mendapatkan atlet berpostur besar, sementara Surabaya gampang-gampang sulit dan butuh perjuangan.

Sedangkan program pembinaan yang paling dekat adalah menggelar kejuaraan terbuka Pra-Porprov II. Dikatakan, tujuan kegiatan ini untuk mendapatkan pesilat Surabaya dengan usia yang memenuhi syarat sebagaimana yang ditetapkan Panpel Porprov II. Karena itu, memungkinkan sekali even ini digelar dengan batasan umur maksimal 21 tahun. ”Untuk even ini, saya mentargetkan tim Surabaya mampu memboyong 5 medali emas. Karena target tersebut sudah memastikan Surabaya sebagai juara umum,” ujarnya.

Kendati demikian, prengusaha bertubuh subur ini mengatakan, bahwa IPSI Surabaya sudah memiliki sebuah tim inti yang akan ditampilkan dalam Porprov II. Atlet yang disiapkan sebanyak 16 pesilat. Namun, sebuah sistem prodeg (promosi degradasi) tetap akan diberlakukan terhadap tim inti tersebut, senyampang pesilat inti itu gagal menunjukkan prestasi merebut emas. Posisinya akan digantikan pesilat juara Pra-Porprov yang berhasil mendulang emas.

“Pengkot menerapkan sistem promdeg terhadap tim inti Porprov, karena target kami mendulang 15 emas cabang silat Proprov. Karena itu, pesilat yang diturunkan harus menjanjikan medali emas,” katanya. (pvardhana88@gmail.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: