tribunindonesia

Ingin Tahu Bau Parfum Cleopatra

In FEATURES on 28 April 2009 at 11:33 PM


Selama ini Ratu Mesir Cleopatra tersohor dengan kecantikannya. Bagaimana dengan wangi tubuhnya? Seperti apa kira-kira bau parfumnya tak ada yang tahu pasti.

Untuk pertama kalinya, para ilmuwan akan merekonstruksi parfum yang dipakai ratu Mesir kuno. Target pertama parfum yang dipakai Hatshepsut, ratu Mesir yang berkuasa selama 20 tahun sejak 1479 sebelum Masehi.

Hatshepsut yang dipilih pertama bukan Cleopatra karena di makamnya ditemukan guci logam yang mungkin bekas wadah parfumnya karena bertuliskan nama sang ratu. Tim ilmuwan dari Museum Mesir Universitas Bonn Jerman menemukan residu yang diduga sisa parfum yang mengendap di dasar guci tersebut.

“Jika sukses, ini untuk pertama kalinya parfum Firaun diciptakan kembali,” ujar Michael Hoveler Muller, kurator museum. Ia yakin dapat mengungkap kembali bau yang telah hilang selama 3.500 tahun-an karena guci yang dipakai untuk wadah saat ditemukan dalam kondisi baik dan tertutup rapat.

Langkah yang masih dilakukan saat ini adalah menganalisis komposisi bahan-bahan yang dipakai. Parfum tersebut diperkirakan dibuat dari bahan kemenyan yang diimpor dari wilayah yang kini disebut Somalia. Saat itu, kemenyan sangat bernilai dan hanya dipakai di lokasi pemujaan dan kerajaan. (kom)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: