tribunindonesia

Pramono Anung: PDI-P Tidak Akan Ajukan Capres

In Berita, NASIONAL on 21 April 2009 at 9:49 PM

 

 

Pramono Anung, Sekjen DPP PDI Perjuangan.

 

BARISAN koalisi PDI Perjuangan tengah mempertimbangkan untuk tidak mengajukan calon presiden pada pemilihan presiden (pilpres) 8 Juli mendatang. Sekjen PDI Perjuangan Pramono Anung mengatakan, hal ini dipertimbangkan bukan karena takut kalah. Ia menyebutkan, pernyataan PDI Perjuangan dan sejumlah tokoh yang menandatangani Kesepakatan Teuku Umar pekan lalu agar menjadi warning bagi penyelenggara pemilu.

Pramono memberikan catatan, persoalan yang melingkupi penyelenggaraan pemilu, seperti masalah DPT, IT, lambannya tabulasi suara dan lain-lain, menjadi salah satu faktor pertimbangan pihaknya tak mengajukan calon presiden. “Ada pemikiran dari beberapa tokoh yang menandatangani Kesepakatan Teuku Umar bahwa selama persoalan DPT tidak diselesaikan, pemilu (pilpres) percuma karena nuansanya sangat kental, bisa menguntungkan kelompok tertentu,” kata Pramono di kediaman Mega, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Selasa (21/4).

Menurut Pramono, Gus Dur pun telah mengirimkan surat kepada Megawati Soekarnoputri yang mendesak agar persoalan-persoalan pemilu diselesaikan terlebih dahulu. “Para tokoh Teuku Umar kemungkinan tidak mengusulkan calon. Bukan karena takut kalah, bagi kami kalah menang bukan yang utama. Tetapi kami menginginkan esensi demokrasi, pemilu bisa jujur, adil, transparan,” ujarnya.

Oleh karena itu, dikatakan Pramono, apa yang menjadi pertimbangan kubunya ini menjadi semacam political warning kepada penyelenggara pemilu untuk melaksanakan pemilu dengan jujur dan adil. Namun, ditegaskan Pramono, peringatan ini bukan untuk memboikot pilpres.

“Kami tekankan, ini bukan memboikot, tapi hak politik untuk tidak mengusulkan calon. Kalau PDI-P melihat kecurangan tidak diselesaikan, kami tidak mengajukan calon, apa salah? Kami akan mengajukan calon, kalau persoalan DPT selesai dan carut marut bisa diselesaikan,” kata Pramono.

Pihaknya memberikan batas waktu penyelesaian persoalan pemilu hingga tanggal 9 Mei mendatang. (kmp)

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: