tribunindonesia

Mentan: Produk Pertanian Harus Bersertifikat

In BISNIS on 18 Maret 2008 at 6:30 PM

JAKARTA: Menteri Pertanian (Mentan) Anton Apriyantono menegaskan produk pertanian harus bersertifikat sebagai penjamin atas mutu sehinggga mampu menembus pasar internasional.
Oleh karena itu, katanya di Jakarta, Senin (17/3), seperti dikutip dari Antara, pemerintah, khususnya Departemen Pertanian akan mendorong pengembangan lembaga-lembaga sertifikasi produk pertanian dengan standar sesuai produk internasional.

“Produk pertanian kita harus bersertifikasi. Kalau tidak akan sulit menembus pasar internasional,” katanya pada peluncuran Sistem Jaminan Varietas Produk Pertanian.

Pada kesempatan itu juga diluncurkan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 Direktorat Mutu dan Standardisasi Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian.

Menurut menteri, ketidakmampuan untuk menerapkan standar  internasional dalam jangka panjang akan membuat Indonesia terisolasi dari perkembangan rantai pasok global. Terlebih lagi dalam berbagai perjanjian WTO yang terkait dengan
pengurangan hambatan tarif maupun nontarif mengakibatkan biaya transaksi perdagangan semakin rendah serta membawa persyaratan pasar negara-negara maju yang semakin ketat.

Mentan menyatakan sistem manajemen ISO 9000 telah diterapkan secara luas di seluruh dunia, selain itu sebagai lembaga internasional ISO beranggotakan 157 negara maju dan berkembang.

Menurut Anton, untuk memenangi persaingan global ke depan tidak bisa lagi mengandalkan usaha pertanian on farm  atau budidaya, namun harus menghasilkan produk yang memiliki nilai tambah. “Untuk itu diperlukan lebih banyak lagi pemain agribisnis,” ujar menteri.

Menyinggung Sistem Jaminan Varietas Produk Pertanian, Dirjen P2HP Deptan, Djoko Said Damardjati mengatakan, merupakan salah satu upaya untuk memberikan jaminan kepada masyarakat konsumen tentang mutu dan jaminan varietas produk beras.

Menurut dia, melalui Kelompok Kerja (Pokja) antara Ditjen P2HP dengan IPB telah dipersiapkan pedoman penerapan dan sertifikasi jaminan varietas produk pertanian. Selain itu juga dipersiapkan lembaga sertifikasi serta sistem audit dan pengawasannya. “Ke depan konsumen tidak akan lagi kesulitan dalam memilih produk pertanian yang disukainya setiap saat,” katanya. (an/Kmp)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: