tribunindonesia

Gesek Bebas Bunga, Strategi Mengakali ‘Credit Card’

In KELUARGA on 17 Maret 2008 at 9:13 PM


Anda sudah membayar tagihan kartu kredit tepat waktu. Namun, baru dipakai sedikit, jumlah utang seperti tak berkurang dari tagihan lalu, ya? Itulah yang terjadi jika Anda membayar tagihan kartu kredit dengan pembayaran minimum di akhir tanggal jatuh tempo. Tapi, tenang! Anda bisa mengakalinya. Manfaatkan saja masa tenggang bebas bunga.Grace period
Ini istilah kerennya. Di waktu ini, Anda aman berbelanja. Pasalnya, grace period merupakan waktu yang diberikan pihak penerbit kartu kredit sebelum membebani Anda dengan bunga dari jumlah tagihan yang belum terbayar.

Lalu, kapan masa tenggang tersebut? Ada bank yang memberikan grace period 30 hari, 40 hari bahkan 50 hari. Namun, kebanyakan kartu kredit memiliki grace period sekitar 25 hari. Anda bisa mengetahuinya dengan menanyakan langsung pada pihak penerbit kartu kredit.

Maksimalkan!
Oke, sekarang Anda sudah paham soal grace period. Tapi, ada dua hal yang harus Anda perhatikan untuk memaksimalkan grace period, yaitu tanggal cetak tagihan dan tanggal penggunaan kartu kredit.

Misalkan batas akhir membayartagihan aliasjatuh tempo tagihan Anda setiap tanggal 30. Sementara tagihan dicetak setiap tanggal 10. Maka, yang ditagihkan pada Anda hanyalah transaksi yang terjadi di bawah tanggal 10. Itu artinya, jika Anda belanja di antara tanggal 11 bulan ini hingga tanggal 30 bulan berikutnya, dan Anda membayar sekalian di waktu itu, Anda akan terbebas dari bunga. Dengan kata lain, masa tenggang  Anda adalah 40 hari.

Namun, perlu diperhatikan. Ada kartu yang mengurangi grace period menjadi 20-15 hari saja. Malah ada yang tidak memberikan grace period sama sekali. Kalau begini, Anda harus siap membayar lunas setiap tagihan. Jadi, siap mengakali kartu kredit?

Perhitungan bunga
Sedikit gambaran mengenai penghitungan bunga kartu kredit mungkin bisa membuka mata Anda. Misalnya, pada bulan 1 Maret Anda berbelanja Rp2 juta. Lalu, tagihan datang pada tanggal 1 April. Pada saat itu, Anda hanya membayar 10% atau sebesar Rp200.000. Itu berarti sisa utang Rp1.800.000. Berapa bunga yang Anda tanggung?

Jika bunga 4%, maka 4% x Rp1.800.000 = Rp72.000. Tidak sedikit penerbit kartu kredit yang menghitung bunga dari nilai belanja yaitu 4% x Rp2 juta = Rp80.000. Bahkan ada yang memberlakukan bunga harian. Jika bunga 0,173% sehari, maka beban bunga menjadi 0,173% x Rp2 juta x 30 hari = Rp103.800. So, Anda takkan pusing jika bisa membayar lebih dari pembayaran minimum. Jika perlu bayar lunas agar Anda tak dibebani bunga. (rim/Kmp,CHIC)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: