tribunindonesia

Xanana Gusmao Terapkan Keadaan Darurat

In INTERNASIONAL on 11 Februari 2008 at 9:04 PM


Dili: Perdana Menteri Timor Timur Xanana Gusmao Senin (11/2) mengumumkan keadaan darurat akan diberlakukan di seluruh negeri selama sedikitnya 48 jam setelah Presiden Ramos-Horta ditembak dan terluka.

“Keadaan darurat akan mempertimbangkan jam larangan keluar rumah pada waktu malam dari pukul 20 waktu setempat (pukul 18 WIB),” kata Xanana Gusmao.

Jam malam itu akan “mencabut hak untuk bergerak secara bebas, yang berarti bahwa orang tidak dapat berjalan-jalan berkeliling dan setiap orang harus tetap dengan tenang di rumah dari pukul 8 malam”, kata Gusmao dalam pernyataan tertulis.

Orang juga akan dilarang melakukan pertemuan atau demonstrasi, ia menambahkan. Tidak secara jelas kapan jam larangan keluar rumah pada waktu malam itu akan dicabut.

Pengumuman itu masih harus disetujui secara resmi oleh penjabat kepala negara, wakil pertama ketua parlemen nasional Vicente Guterres, karena ketidakhadiran Ramos-Horta.

“Kami semua akan bersatu dalam mengatasi atau melewati tantangan yang menentang stabilitas kami. Sekarang kami akan tetap bersama secara tenang dalam menanggulangi masalah ini,” kata Gusmao.

“Saya khususnya mengalamatkan diri saya pada pemuda kami, karena saya tahu bahwa banyak dari anda masih merasakan desakan untuk memberontak. Anda hendaknya tidak meniru perbuatan jahat satu kelompok bersenjata yang tanpa pembenaran ingin membunuh orang lain serta merusak kedaulatan dan stabilitas negara,” ia menambahkan.

Ramos-Horta, 58, ditembak dan dilukai secara serius oleh pemberontak dalam bakutemak dini hari di tempat kediamannya di pinggiran ibukota Dili dan telah diterbangkan ke Australia untuk perawatan medis.

Dokter mengatakan bahwa meskipun Horta dalam keadaan serius dan dihajar oleh dua atau tiga peluru, diperkirakan akan pulih sepenuhnya.

Gusmao diserang tak lama setelah itu, tapi berhasil lolos tanpa cedera.

Pemimpin pemberontak Alfredo Reinado, yang memperoleh sementara dukungan di antara para pemuda yang tidak puas di Timor Timur, tewas bersama dengan seorang lain dari pendukungnya di tempat kediaman Ramos-Horta.

sumber: Republika/antara/afp

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: