tribunindonesia

Totok Wajah, Cara Sehat Warisan Tiongkok Kuno

In KECANTIKAN on 11 Februari 2008 at 9:45 AM

Banyak cara untuk menjadi cantik. Anda bisa mengandalkan sapuan kosmetik saja, mengguna- kan obat-obatan modern ataupun tradisioanal ataupun operasi plastik. Kini ada pilihan lain un- tuk menjadi cantik : “totok wajah”

Menurut Dr. Mona Zaufy, CIDESCO ahli akupresur kecantikan, kecantikan tidak terlepas dari masalah kesehatan. Tubuh yang cantik merupakan kesatuan dari komponen-komponen holistic yang terdiri dari fisik, mental dan spirit (semangat untuk hidup) yang saling berhubungan dan saling menghidupi. Bila kita berbicara tentang kecantikan, yang menjadi perhatian bukan hanya bibir, mata dan wajah juga tentang energi dalam tubuhnya dan semangat hidup yang mengalir dalam tubuh tersebut. Untuk tetap cantik perlu peningakatan kualitas fisik dan nonfisik. Bila seseorang sempurna, tetapi energinya lebih lemah, maka ia akan terlihat lemah sehingga hilanglah kecantikannya. Nah, totok wajah bermanfaat untuk membangkitkan, kembali energi vital tersebut.

Apa itu totok wajah ?
Totok wajah merupakan bagian dari totok darah (akupresur) yang merupakan bagian ilmu warisan Tiongkok Kuno yang mirip dengan akupuntur. Totok darah dilakukan dengan memberikan pijatan tertentu disekitar tubuh. Yaitu dengan cara menekan atau merangsang titik-titik akupuntur. Gunanya untuk mengaktifkan anggota tubuh serta melancarkan aliran peredaran darah.

Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan teknik totok darah terus dikembangkan dan dimanfaatkan bukannya untuk kesehatan tapi juga kecantikan yang kemudian dikenal sebagai akupresur kecantikan. Istilah ini mengisyaratkan suatu terapi yang menyehatkan sekaligus bernilai tambah bisa mempercantik penampilan. Totok wajah dipraktikkan dengan menggunakan pendekatan holistik, yang memuat pendekatan fisik, mental dan spirit.

Prinsip kerjanya adalah mengatur dan menyelaraskna keseimbangan energi vital, melancarkna aliran darah, membangkitkan kembali aliran energi viatk yang meredup karena penyakit, memperbaiki struktur tubuh, menghilangkan penyakit dan mangaktifkan kembali fungsi tubuh yang sakit,s erta memulihkan kondisi tubuh agar terasa lebih nyaman dan sehat.

Manfaat totok wajah
Manfaat yang diberikan totok wajah dari sisi kecantikan antara lain : memperlancar peredaran darah di wajah, mengencangkan otot-otot wajah, merelaksasi otot wajah sehingga bisa menghilangkan garis kerutan dan keriput di wajah, mencerahkan mata, menghilangkan jerawat, menghilangkan noda-noda di wajah akibat hiperpigmentasi dan menghilangkan kantung mata. Secara keselurhan terapi ini memberikan efek penampilan inner beauty.

Tidak semua wanita bisa
Sayang tidak semua wanita bisa merasakan manfaat sehat dan cantik dari totok wajah . Karena mereka yang menderita radang akut, hipertensi, jantung, TBC paru, penyakit kulit dan diabetes tidak dianjurkan mengikuti terapi ini. Pasalnya proses totok wajah yang salah beresiko memperparah penyakit yang sudah ada. Meski totok wajah memberikan efek yang lebih lambat dibandingkan akupuntur, karena hanya menyentuh garis permukaan tubuh namun peminat terhadap teknik terapi ini masih saja banyak. Kini totok wajah menjadi salah satu alternatif favorit bagi mereka yang sudah merasakan manfaatnya.

sumber : Human Health Edisi Oktober 2004/ naskah, net/ foto

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: