tribunindonesia

Kanker Ovarium Muncul Tanpa Gejala Khas

In KESEHATAN on 11 Februari 2008 at 11:31 AM


Kanker ovarium susah ditemukan lebih awal, karena sering tidak ada gejala pada stadium awal. Pada banyak kasus, pasien yang dating ke dokter dengan gejala ternyata kanker itu telah menyebar. Kanker itu sudah bertumbuh beberapa waktu sebelum menyebabkan gejala yang khas. Bahkan ketika gejalanya tiba, mungkin samara-samar sehingga para wanita mengabaikannya.

Dr. M. Farid Aziz, Sp.OG, konsultan onkologi ginekologi RS Cipto Mangunkusomo menjelaskan bahwa sebenarnya penyebab kanker ovarium banyak diketahui, tetapi ada beberapa factor yang diduga seperti hormone-hormon tertentu misalnya hormone estrogen dikatakan bisa menyebabkan kanker ovarium, kemudian pola makanan tertentu misalnya menggunakan lemak hewani.

Gejala yang umum ditemukan pada kanker ovarium seperti perut mengembung, tidak nyaman pada perut bagian bawah, kurang nafsu makan dan perut berasa penuh, tidak sanggup mencerna, muntah, dan berat badan menurun. Tumor yang besar mungkin menekan organ-organ disekitarnya, misalnya usus besar atau kandung kemih.

Menurut Farid, deteksi awal yang paling bagus adalah pemeriksaan dalam, kemudian diperkuat dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG) yang bisa mengetahui bentuk morfologi daripada ovarium, dan pemeriksaan tumor marker (petanda tumor). Dengan pemeriksaan itu, stadium awal akan kelihatan dan bisa diambil suatu diagnosis kemungkinan ganas atau tidak.

Farid menjelaskan, pengobatan utama kanker ovarium adalah operasi. Bila ditemukan lebih awal pada stadium 1A dan masih terbatas tidak menyebar, mash terdapat pada satu ovarium, maka operasinya akan lebih bagus. Peluang kesembuhannya pun bisa sembuh 100 persen. @

sumber: Bias Wanita/naskah, net/ foto

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: